Ciuman yang bahaya....

Arikel ini titipan dari mantan pacarku. Cukup bagus juga pengetahuan yang isa diambil. Stidaknya, setelah baca artikel ini aku jadi lebih isa memproteksi n nahan diri untuk gak "main sosor" sembarangan kalo punya pacar baru nti. :D Mudah-mudah artikel yang Feminin ini bisa jadi sarana untuk lebih waspada bagi kaum yg mengaku maskulin yang kadang suka maksain kehendaknya buat ambil jatah nyosor dari pasangannya. :D
Be Safe From Now on Guy's. Amien. :y :O


Kissing Disease...Berawal dari rongga mulut :k

Didalam mulut kita ini banyak banget kuman dan virus yang datang dan pergi. Sebagian dari bakteri mulut memang hidup damai dalam rongga mulut karena memang nggak berbahaya, nggak menimbulkan gangguan kesehatan dan menyebabkan penyakit. Tapi kan nggak selamanya mulut kita dalam keadaan sehat. Kalau ada kuman penyakit, itu yang bikin ciuman jadi nggak sehat. Secara logika, saat melakukan ciuman, pasti terjadi “tukar menukar air liur”. :$ Nah, dalam kondisi mulut nggak sehat, air liur itulah yang jadi perantara berkembangnya penyakit. :p Salah satu penyakit yang kita bahas kali ini adalah “kissing disease”

TORCH
Penyakit ini disebabkan oleh virus Cytomegalo. Infeksi virus ini sering menyerang janin dalam kandungan. :f Kalau ibu hamil mengidap virus ini, otak anak yang dikandungnya kemungkinan akan dirusak. Anak akan lahir cacat dengan kerusakan otak yang berat. :f Sebenarnya TORCH ini kependekan dari empat nama penyakit yaitu : Toxoplasma, Rubella atau campak Jerman, Cytomegalo dan Herpes. Itulah sebabnya ibu hamil selalu disarankan melakukan pemeriksaan darah TORCH. Pemeriksaan TORCH yang positif , ditangani dengan menyembuhkan penyakit si ibu hamil yang bias mengganggu anak dalam kandungannya. Karena dengan terjangkitnya TORCH kemungkinan terjadinya keguguran kandungan, calon anak bisa meninggal dalam kandungan, atau lahir dalam keadaan cacat. :y
Parahnya, virus kissing disease ini nggak Cuma menyerang anak dalam kandungan saja, tapi juga orang dewasa. :o Infeksinya yang ringan bikin orang nggak tahu kalo lagi mengidap virus Cytomegalo. Patut diketahui, virus Cytomegalo ini masih ada hubungan saudara sama virus Herpes :f. Nah, sekarang sadar bahayanya? Cytomegalo suka banget tinggal di kelenjar air liur, air seni, lendir leher rahim, sperma, air susu ibu, dan darah. Kesimpulannya, virus ini nggak cuma bias menular melalui ciuman, tapi juga transplantasi organ, donor darah, persalinan, last but not least, oral sex. So, be safe. :y
Gejala kissing disease, hampir sama kayak gejala flu. Mulai dari demam, radang tenggorokan, badan terasa capek banget, dan pegal – pegal. Yang membedakan, penyakit yang disebabkan oleh virus ini menyebabkan pembengkakan hati dan limpa. Serangan flu yang diterima juga lebih lama. Penyakit ini bias disembuhkan dengan anti virus.

Virus lainnya
Nggak Cuma virus Cytomegalo aja yang mengancam kamu saat berciuman. Masih ada 4 virus lain yang berpotensi ditularkan lewat ciuman, yaitu virus Epstein Barr, virus Herpes-6, virus Hepatitis, virus HIV, dan parasit toxoplasma. Sama seperti Cytomegalo, virus – virus ini datang tanpa adanya keluhan dan gejala yang berarti. Paling sering sih demam dadakan kayak gejala flu biasa. Selain Cytomegalo, virus Herpes dan Toxoplasma juga mengancam anak dalam kandungan, kalau si ibu mengidap ini pada waktu hamil, si anak dalam kandungan juga akan mengidap penyakit yang sama, terancam kelainan jantung, tuli, ukuran kepalanya over zise dan bentuk – bentuk kecacatan lahir yang akan muncul. :y

Meningitis
Penyakit lain yang disebabkan oleh ciuman adalah Meningitis atau kerusakan membrane otak. Dengan permukaan yang sensitive, sebenarnya lidah bisa memudahkan bakteri untuk berpindah – pindah dari satu orang ke orang lainnya. Profesor Robert booy, Wakil Direktur National Centre for Immunization Research and Surveillance Rumah Sakit anak Westmead, Sydney, Australia adalah orang pertama yang mengungkapkan hubungan antara French kiss dengan penyebaran bakteri Meningococcal, khususnya bagi orang yang berganti- ganti pasangan.
Meningitis sendiri adalah infeksi yang terjadi pada bagian pembungkus otak dan syaraf tulang belakang. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Penyakit yang bisa menyerang anak – anak dan remaja ini biasanya menyebar lewat udara, misalnya waktu bersin, batuk, ciuman, dan sekelompok orang yang hidup dalam satu ruangan (asrama ataupun tempat kost). Meningitis lebih bahaya dibanding kissing disease lainnya. Kenapa? Karena 5 – 10% penderitanya meninggal karena serangan penyakit ini dalam jangka waktu 24 – 48 jam setelah terjadinya gejala.

Multipartner dan perokok
British Medical Journal mengungkapkan sebuah laporan penelitian tentang factor – factor yang bisa meningkatkan resiko penyakit ini. Penelitian itu dilakukan terhadap para penderita yang berumur 15-19 tahun, dengan mengambil sample darah, kerongkongan, dan lap ingus. Tes itu lalu dibandingkan dengan data-data yang sama dengan remaja sehat. Hasilnya adalah...ciuman intim antara seseorang dengan penderita Meningitis, bisa jadi sumber penyebaran penyakit itu. :o Survey yang dikalukan terhadap 144 remaja itu di sebuah rumah sakit, tercatat ada dua factor perilaku yang bisa jadi sasaran bakteri Meningococcal, yaitu remaja yang punya pacar berperilaku “multipartner” alias pacarnya ada dimana- mana, dan pacar yang suka banget party. Karena bakteri ini bisa menyebar dari batuk para perokok. Gejala meningitis lagi- lagi hampis sama dengan gejala flu biasa. Mulai dari demam, sakit kepala, leher kaku, dan nafsu makan hilang. Makanya, nggak jarang kalau banyak orang yang pacaran tetap melakukan ciuman meski pasangannya punya gejala- gejala yang dianggap Cuma flu biasa itu. Selain Meningitis dan Cytomegalo, penyakit gondok dan sakit tenggorokan juga bisa ditularkan melalui ciuman.
Di amerika, virus- virus ini sudah banyak menyerang cewek umur 14-16tahun dan cowok umur 16-18 tahun, atau dengan rata- rata umur pada kisaran 15-25 tahun. Kemungkinan pada umur ini, remaja mulai aktif melakukan ciuman dengan pacarnya. ;)
Tips: Kalau mau aman sih, kamu bisa ubah perilaku pacaran kamu untuk menurunkan resiko penyakit ini. :f
Selalu ada awal yang baru……untuk perubahan dalam hidup :y


No comments: